Enjoy My Blog

.

Power Point Pengertian,fungsi,versi,dan toolbarnya.

Hello, sobat little Child! kali ini admin akan memberikan penjelasan mengenai Ms. PowerPoint loh, buat yang lagi ngerjain pr silahkan copas ya sob, tapi diedit dulu sebelum diprint haha, biar gak ketahuan sob! silahkan disimak ya!

Microsoft PowerPoint.


Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka,Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.

Sejarah

Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.

Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.


Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).


Nah disini tersedia tabel beberapa versi Microsoft Power Point dari yang versi lama ke yang terbaru


Tahun
Versi PowerPoint
Sistem Operasi
Paket Microsoft Office
1987
PowerPoint 1.0
Mac OS classic
T/A
1988
PowerPoint 2.0
Mac OS classic
T/A
1990
PowerPoint 2.0
Windows 3.0
T/A
1992
PowerPoint 3.0
Mac OS classic
T/A
1992
PowerPoint 3.0
Windows 3.1
T/A
1993
PowerPoint 4.0
Windows NT 3.1, Windows 3.1, Windows 3.11
Microsoft Office 4.x
1994
PowerPoint 4.0
Mac OS classic
T/A
1995
PowerPoint 7 for Windows 95
Windows 95, Windows NT
Microsoft Office 95
1997
PowerPoint 97
Windows 95/98, Windows NT 4.0
Microsoft Office 97
1998
PowerPoint 98
Mac OS Classic
Microsoft Office 1998 for Mac
1999
PowerPoint 2000
Microsoft Windows 98, Windows NT 4.0, Windows 2000
Microsoft Office 2000
2000
PowerPoint 2001
Mac OS X
Microsoft Office 2001 for Mac
2001
PowerPoint 2002
Windows 2000/XP
Microsoft Office XP
2002
PowerPoint v.X
Mac OS X
Microsoft Office:mac v.X
2003
PowerPoint 2003
Windows 2000 Service Pack 3, Windows XP Service Pack 1, Windows Server   2003
Microsoft Office System 2003
2004
PowerPoint 2004
Mac OS X
Microsoft Office:mac 2004
2006
PowerPoint 2007
Microsoft Windows Vista, Windows XP Service Pack 2, Windows Server 2003, Windows Server 2008
Microsoft Office System 2007
2007
PowerPoint 2008
Mac OS X
Microsoft Office:mac 2004
2010
PowerPoint 2010
Windows 7 (Disarankan), Windows Vista (Service Pack 2), Windows XP (Service Pack 3) Windows Server 2008, Windows Server 2008 R2
Microsoft Office:mac 2004


 Penjelasan:
1.T/A artinya tidak ada paket microsoft office atau tidak tersedia paket Microsoft Installer
2.Sistem Operasi artinya jenis sistem yang sesuai dengan versi microsoft Power Point





PowerPoint 2010 (manfaat dan keunggulannya)



-         Membawa lebih banyak energi dan dampak visual presentasi Anda.
Hemat waktu dan uang dengan menerapkan efek foto yang canggih tanpa menggunakan tambahan software photo-editing program. Mengubah foto Anda menjadi menarik, bersemangat visual dengan menggunakan gambar yang baru dan fitur pengeditan yang lebih baik seperti saturasi warna dan suhu, kecerahan dan kontras, dan alat potong gambar yang maju, bersama dengan filter artistik seperti kabur, kuas, dan cat air.

-         Bekerja dengan orang lain tanpa harus menunggu giliran Anda.
PowerPoint 2010 telah mengubah cara orang dapat bekerja sama dalam presentasi. Dengan co-authoring, Anda dapat sekaligus mengedit presentasi yang sama dengan individu-individu di lokasi yang berbeda. Anda juga dapat menggunakan Office Communicator atau aplikasi pesan instan Anda untuk melihat ketersediaan orang lain yang authoring presentasi dengan Anda dan mudah memulai percakapan tanpa meninggalkan PowerPoint.

 -         Menambah pengalaman video pribadi.
Embed dan mengedit file video langsung dalam PowerPoint 2010. Mudah memangkas video Anda untuk hanya menampilkan bagian-bagian yang relevan. Bookmark poin kunci dalam sebuah video untuk akses cepat atau memicu animasi untuk memulai secara otomatis ketika mencapai orang yang ditandai. Anda juga dapat mengatur video yang akan memudar kedalam dan keluar pada interval tertentu dan menerapkan berbagai gaya dan efek video-seperti refleksi, bevels, dan 3-D putaran-untuk membantu Anda dengan cepat menangkap perhatian audiens.

-         Just-in-time show 
Siarankan secara langsung presentasi PowerPoint 2010 Anda dengan mengirimkan URL sehingga orang dapat melihat presentasi Anda di Web. Audiens Anda melihat slide dalam kesetiaan tinggi, bahkan jika mereka belum menginstal PowerPoint. Anda juga dapat mengubah presentasi Anda ke dalam sebuah video berkualitas tinggi dengan narasi untuk berbagi dengan siapa saja melalui e-mail, melalui Web, atau di DVD.

-         Mengakses presentasi dari lebih banyak lokasi dan lebih banyak perangkat.
Postingkan presentasi Anda online dan kemudian akses, lihat, dan edit mereka dari Web3 atau Mobile-smartphone.4 Anda yang berbasis Windows. Dengan PowerPoint 2010, Anda dapat memperoleh hal-hal yang dilakukan sesuai jadwal Anda di beberapa lokasi dan perangkat.
Microsoft PowerPoint Web App. Memperluas pengalaman PowerPoint Anda ke Web dan nikmati layar penuh, presentasi dengan kualitas tampilan tinggi kami. Simpan presentasi online dan edit pekerjaan Anda melalui PowerPoint Web App ketika Anda berada jauh dari kantor, rumah, atau sekolah. 

Microsoft PowerPoint Mobile 2010. Tinggal saat ini dan segera ambil tindakan bila perlu menggunakan versi mobile yang disempurnakan PowerPoint khusus cocok untuk smartphone Anda. 


-         Buat presentasi berkualitas tinggi dengan pemandangan grafis.
Anda tidak perlu menjadi seorang ahli desain untuk menciptakan grafis yang tampak profesional. Gunakan tambahan puluhan SmartArt ® layout untuk menciptakan berbagai jenis grafis seperti bagan organisasi, daftar, dan gambar diagram. Mengubah kata ke visualisasi yang lebih mengesankan untuk menggambarkan ide-ide Anda. Buat diagram semudah mengetik sebuah daftar bullet atau mengkonversi teks dan gambar untuk diagram hanya dalam beberapa klik.

-         Memikat audiens Anda dengan transisi baru dan peningkatan animasi.
PowerPoint 2010 penawaran baru, transisi slide yang dinamis dan animasi efek yang terlihat seperti grafik yang Anda lihat di TV. Mudah diakses, dilihat, diterapkan, disesuaikan, dan untuk mengganti animasi. Anda juga dapat menggunakan Painter Animasi baru untuk dengan mudah menyalin Animasi dari satu objek yang lain.

-         Mengatur dan mencetak slide Anda lebih efektif.
Mudah mengatur dan menavigasi melalui slide menggunakan bagian slide. Membagi presentasi ke dalam slide logis kelompok-kelompok, mengubah nama bagian untuk membantu Anda mengelola konten seperti untuk menetapkan slide ke penulis tertentu-atau dengan mudah mencetak hanya satu bagian dari slide.

-         Menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.
PowerPoint 2010 menyederhanakan bagaimana cara mengakses fitur. Microsoft Office Backstage ™ yang baru menggantikan tampilan menu file tradisional untuk memudahkan cara menyimpan file, berbagi, mencetak, dan mempublikasikan presentasi hanya dengan beberapa klik. Dan, dengan peningkatan Ribbon, sehingga dapat mengakses perintah favorit  bahkan lebih cepat dengan customizing tab atau bisa membuatnya sendiri untuk mempersonalisasi pengalaman gaya kerja.

-         Bekerja pada beberapa presentasi dan beberapa monitor.
PowerPoint 2010 dapat membuat beberapa jendela Windows yang benar-benar terpisah untuk setiap presentasi yang dibuka. Jadi, Kita dapat melihat dan mengedit beberapa presentasi secara mandiri, sisi-dengan-sisi, atau bahkan pada monitor yang terpisah.
Penjelasan Toolbar dalam Ms.Power Point


1.)   Home

Dalam Toolbar ini terdapat berbagai fungsi seperti: Copy, Paste, Cut, Font Size, Font Allignment, WordArt, AutoShapes, dll. Tetapi dalam toolbar file masih dibiarkan original seperti aslinya agar mempermudah menyimpan dan meload data atau sharing file.

2.)   Insert
Dalam toolbar ini digunakan untuk memasukkan gambar, video, atau suara kedalam persentasi Anda.

3.)   Design
Dalam toolbar ini adalah untuk mengatur desain presentasi anda secara manual atau otomatis. Anda disini juga bisa membuat background presentasi Anda dengan manual sesuai dengan keinginan anda.

4.)   Slide Show 
Toolbar ini digunakan untuk slide show atau presentasi dengan halaman penuh dan bisa berjalan seperti layaknya slide atau berubah-ubah sendiri tanpa kita klik.

5.)   View
Toolbar ini digunakan untuk melihat presentasi anda secara full read (membaca penuh dengan isi teks saja), web layout (tampilan website) dan outline view (Tanpa baris) dengan tujuan mempermudah mengoreksi tamplian presentasi anda yang sudah jadi. 

2 komentar: